Kumpulan Fatwa dan Pendapat Seputar Hukum Imunisasi/Vaksinasi

Sudah sejak lama, kaum muslimin terpecah pendapatnya dalam menyikapi imunisasi atau vaksinasi. Ada yang memilih untuk tidak mengimunisasi anak-anaknya, dan ada pula yang mem-vaksinasi anak-anaknya. Sayangnya, akhir-akhir ini saya melihat bahwa perbedaan antara kedua golongan tersebut semakin runcing. Hal ini disebabkan perbedaan dalam mengambil pendapat dalam penetapan hukum imunisasi. Apakah halal atau haram?

Asal mula perbedaan kehalalan imunisasi adalah karena digunakannya enzim babi dalam proses pembuatan vaksin imunisasi.

Dalam tulisan ini, saya berusaha mengumpulkan fatwa-fatwa dan perkataan-perkataan dari ahli ilmu tentang imunisasi. Mohon bantuan dari teman-teman sekalian untuk dapat membantu saya. Kotak komentar disediakan khusus hanya untuk menyampaikan sumber fatwa/pendapat mengenai imunisasi dan bukan untuk diskusi mengenai imunisasi. Fatwa dan pendapat yang disampaikan hendaknya hanya yang berasal dari kalangan ahli ilmu dan bukan dari golongan selainnya.

Hal ini saya lakukan karena saya meyakini bahwa permasalahan hukum imunisasi adalah masalah khilafiyah ijtihadiyah. Dalam hal-hal yang terjadi khilaf di antara ulama, maka jalan yang kita tempuh adalah tarjih (memilih salah satu dari pendapat-pendapat ulama). Untuk memudahkan tarjih tersebut, maka kita perlu mengumpulkan dahulu seluruh pendapat-pendapat para ulama, baru kemudian memutuskan untuk memilih pendapat yang lebih menenangkan hati.

Karena masalah imunisasi adalah masalah khilafiyah, maka konsekuensi selanjutnya adalah bersikap adil dalam perbedaan pendapat ini. Adil tersebut ditunjukkan dengan tidak mencela golongan yang mengambil pendapat yang berbeda dari yang kita anut. Selain itu, adil juga ditunjukkan dengan tidak menyembunyikan pendapat lain. Demikian contoh yang ditunjukkan para ulama dalam masalah-masalah khilafiyah.

Berikut ini adalah fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat mengenai hukum imunisasi yang akan saya kelompokkan dalam dua golongan besar, yaitu pendapat yang membolehkan dan yang mengharamkan. Perlu diperhatikan juga bahwa fatwa-fatwa berikut ini ada yang membicarakan vaksin tertentu saja (misal IPV) dan ada juga yang menghukumi imunisasi secara umum.
1. Pendapat yang Membolehkan Vaksin

  1. Fatwa Syaikh Bin Baz No 6/21. Majalah As-Sunnah Edisi 03/Tahun X/1427/2006M. Dikutip dari kitab Al-Fatawa Al-Muta’alliqah bi Ath-Thibbi wa Ahkami Al-Mardha, hal. 203. Darul Muayyad, Riyadh. Versi bahasa Indonesia di blog dr. Arief. Versi bahasa Inggris ada di salafitalk. Ringkasan fatwa: pada dasarnya imunisasi boleh krena termasuk berikhtiar menghindari penyakit, jika ada vaksin yang membahayakan maka tidak boleh menggunakannya.
  2. Fatwa Majelis Eropa Lil-Ifta’ wal-Buhuts. (sumber belum ditemukan). Ringkasan: menggunakannya sebagai obat dan imunisasi hukumnya boleh, untuk menghindari mudharat yang lebih besar.
  3. Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam rapat pada 1 Sya’ban 1423 H (Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia hlm. 370). (sumber online belum ditemukan). Ringkasan: Berobat dengan hal yang najis pada dasarnya adalah haram, pemberian vaksin IPV dibolehkan untuk anak-anak yang menderita immunocompromise, sepanjang belum ada IPV jenis lain yang suci dan halal.
  4. Pendapat Al-Ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi dalam Majalah Al-Furqon Edisi 05 Th. ke – 8 1429 H/2008 M. Disalin dari majalah ke dalam blog Azwar Iskandar. Ringkasan: vaksin IPV yang dibuat menggunakan enzim babi, boleh digunakan karena kondisinya darurat sampai ada vaksin yang bahannya mubah, selain itu bahan najis yang telah lebur menurut tinjauan fikih disebut Istihlak, yaitu bercampurnya benda haram atau najis dengan benda lainnya yang suci dan hal yang lebih banyak sehingga menghilangkan sifat najis dan keharamannya, baik rasa, warna, dan baunya.

2. Pendapat yang Mengharamkan Vaksin

  1. Belum ada

Sumber: http://www.uliansyah.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: