Adab – Adab Pergaulan, Penyebutan Persahabatan dan Persaudaraan

Diantara adab adab pergaulan adalah:

1. Akhlaq yang bagus

Diantara adab pergaulan adalah memberi akhlaq yang bagus kepada saudara, teman dan sahabat. Rasulullah bersabda: ada seseorang yang bertanya: apa perniagaan yang paling baik diberikan kepada seseorang, Beliau menjawab: akhlaq yang baik

2. Berbaik sangka

Diantara adab pergaulan yaitu memberikan persangkaan yang baik terhadap saudara. Selalu memberi udzur pada saudaranya, carilah 90 udzur baginya, apabila engkau tidak bisa mencari 90 udzur bagi saudaramu maka ingatlah bahwa kamu juga punya aib.

3.    Bergaul  dengan mukmin
Bergaul dengan orang yang bisa dipercaya agamanya baik secara dzahir maupun batin. Allah berfirman yang artinya:  “kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, Sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. meraka Itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan[1462] yang datang daripada-Nya. dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. mereka Itulah golongan Allah. ketahuilah, bahwa Sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.
(QS. Al Mujaadilah: 22)
4.    Sisi – sisi pergaulan :
*Terhadap orang tua dan terhadap orang yang lebih besar yaitu dengan menghormati, melayani dan membantu kesibukan mereka.
*Terhadap teman sebaya yaitu dengan memberikan nasehat, saling berbagi dan membantu urusannya selama dalam perkara yang bukan dosa.
* Terhdap murid dan orang-orang yang lebih kecil yaitu dengan memberikan bimbingan, mengajarkan adab dan mengajari mereka tentang ilmu dan sunah serta mengajarkan mereka hukum-hukum , perkara dalam hati dan mengajarkan mereka untuk melaksanakan adab yang bagus.
5.    Memaafkan kesalahan saudara
Diantara adab pergaulan adalah memeaafkan kesalahan saudara dan tidak mencela mereka terhadap kesalahan tersebut. Al Fudhail bin Iyadh berkata “kedermawanan itu adalah dengan memaafkan saudaranya, sebagaimana seseorang dituntut untuk beradab terhadap tuannya maka wajib baginya juga untuk beradab terhadap sesama.” Berkata sebagian ahli hikmah:”seorang mukmin itu keimanannya tertancap dalam hati menjadi tabi’at.”
Berkata Ibnul A’robiy:”lupakanlah kesalahan saudara niscaya akan kekal kecintaan terhadapmu.”
Dan wajib bagi seoarang mukmin untuk menjauhi para pencari dunia karena mereka akan menunjukinya untuk mencari dunia dan dengan dunia itu akan menjauhkan dari kesuksesan dan kesadaran akan akherat. Dan hendaknya dia bersungguh-sungguh bergaul dengan para pencari akherat oleh karena itu Dzunnun berkata: “kepada orang yang diberi wasiat:’hendaknya engkau bersahabat dengan orang yang engkau selamat saat engkau ada dan apabila engkau lihat dia, dia akan membantumu dalam kebaikan dan yang mengingatkanmu terhadap Allah.’
6.    Menyepakati Saudara
Menghindari perselisihan dengan saudara dan senantiasa mencocoki mereka terhdapa perkara- perkara yang dibolehkan oleh ilmu dan syariah. Berkata Abu Utsman: “ mencocoki saudara lebih baik dari pada belas kasihan terhdap mereka.’

7.    Berterimakasih atas pujiannya
Diantara adab pergaulan adalah berterima kasih atas  baiknya pujian walaupun mereka tidak banyak membantu. Berkata Ali ;” barang siapa yang tidak berterima kasih terhadap niat baik saudaranya dia juga tidak bisa berterimakasih atas bantuan temannya.”
8.    Meninggalkan hasad
Tidak hasad terhadap nikmat Allah yang diberikan kepada mereka bahkan hendaknya ikut berbahagia atas hal itu  dan hendaknya dia memuji Allah apabila hal itu diberikan kepadanya.Allah berfirman yang artinya,“Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya Kami telah memberikan kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar.”(QS. An-Nisa’:54)
Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian bersifat hasad”(HR. Muslim)
9.    Tidak menampakkan sesuatu yang mereka benci
Diantara adab pergaulan adalah tidak menampakkan sesuatu yang mereka benci
10.    Senantiasa bersikap malu
Malu yang terpuji yaitu yang menghalangi seseorang berbuat maksiat. Rasulullah bersabda: “iman ada 70 atau 60 cabang yang paling utama adalah syahadat laa ilaha illallah dan yang paling rendah dari cabang keimanan adalah menyingkirkan gangguan dari jalan dan malu merupakan cabang keimanan.”dari hadist yang lain disebutkan “kalau kamu tidak malu maka lakukan semaumu”Rasulullah bersabda: “ malu itu bagian dari iman, sementara orang yang beriman itu berada dalam surga sementara orang yang bersifat kaku berada dalam neraka.”
11.    Menjaga kewibawaan dan kecintaan
Diantara adap pergaulan adalah menjaga kewibawaan dan kecintaan. Karena pergaulan itu tidak akan sempurna keculai dengan keduanya.
12.    Menampakkan wajah yang ceria
Diantara adab bergaul yaitu berwajah ceria, lembut kata-katanya, lapang dada, ringan tangan, menahan marah, tidak sombong, menjaga kehormatan dan menampakkan kegembiraan dengan persahabatan dan pergaulan dengan mereka.

13.    Bersahabat dengan orang yang berilmu dan berakal
Diantara adab pergaulan adalah tidak bertemn kecuali dengan orang yang alim, yang berakal, yang mendalam ilmunya dan orang yng sabar.berkata Dzunnun; “Rasulullah abersabda “tidaklah Allah menganugrahkan kepada seseorang sesuatu yang lebih bagus dari pada akal dan tidaklah Allah kalungkan sesuatu kepada seseorang yang lebih indah dari pada ilmu dan tidaklah Allah memberikan hiasan kecuali dengan kesabaran dan penyempurnaan semua itu adalah taqwa”.
14.    Selamatnya hati dan memberikan nasehat
Dan diantara adab pergaulan adalah selamatnya hati dari saudara, memberikan nasehat kepada mereka dan menerima nasehat dari mereka. Berdasarkan firman Allah yang artinya “kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,” (QS. Asy-Syuara’: 89). Dan berkata Assiqothy: “diantara akhlaq orang yang baik adalah selamatnya hati dari saudara dan memberikan nasehat kepada mereka.’
15.    Tidak mengingkari janji
Diantara adab pergaulan adalah tidak berjanji dan mengingkarinya karena itu merupakan nifak (munafik). Tanda-tanda orang munafik ada 3:
-apabila bicara ia dusta
-apabila berjanji ia mengingkari
-apabila dipercaya ia khianat
Berkata Atsauri:”janganlah engkau berjanji kepada saudaramu kemudian engkau ingkari sehingga kecintaan berubah menjadi benci. Mereka bersyair: wahai orang yang berjanji kemudian mengingkari bukanlah pengingkaran janji tersebut merupakan jalan hidupnya  orang baik. Apa yang engkau tempakan berupa kecintaan kepada kami tidak lain ibarat lentera yang bersinar kemudian padam.
16.    Bersahabat dengan orang yang berwibawa
Diantara adab pergaulan adalah bersahabat dengan orang ayang merasa malu kepadanya agar menghindarkan dari perkara-perkara yang menyelisihi syariat. Ali ra berkata: “hidupkanlah rasa malumu dengan engkau bermajelis dengan orang yang merasa malu dengannya.” Berkata Ibnu Hambal ra:”tidaklah menjatuhkan darimu ke dalam musibah kecualai karena berteman dengan orang yang aku tidak merasa malu darinya.
17.    Ikhlas dalam persahabatan
Diantara adab pergaulan adalah memperhatikan kebaikan mereka bukan keinginan mereka dan menunjukkan kepada mereka sesuatu yang membimbing mereka bukan kepada yang mereka sukai. Berkata Abu Shalih: ‘seorang mukmin adalah yang bergaul denganmu dengan kebaikan dan yang menunjukimu perkara yang bisa membaikkan perkara yang bisa membaikkan dunia dan agamamu. Sementara orang munafik yaitu yang bergaul dengan basa basi dan menunjukimu dengan apa yang kau inginkan. Sementara yang maksum/terjaga yaitu yang bisa membedakan antara kedua hal ini.
18.    Tidak memberikan gangguan
Diantara adab pergaulan adalah tidak mengganggu seoarang mukmin dan tidak membodoh-bodohi orang yang bodoh. Sesungguhnya Allah membenci mengganggu seorang mukmin. Berkata Arrobi’ Ibnu Khusyaim:”manusia itu ada 2 golongan: mukmin maka jangan menganggunya dan orang bodoh maka jangan engkau bodoh-bodohkan.”
19.    Bergaul dengan cara yang baik
Diantara adab pergaulan adalah mengharapkan kebaikan saudara dengan engkau berbuat baik kepada mereka. Rasulullah bersabda: “tidak sempurna iman seseoarang  sampai ia mencintai terhadap saudaranya apa yang ia cintai terhadap dirinya.” Al Hakim berkata: “pergaulan yang murni adalah engkau ridho kepada mereka semisal pergaulanmu terhadap mereka. Berkata Abu Bakar Ibnu  ‘Iyasy:”carilah keutamaan dengan memberikan keutamaan karena perbuatan yang engkau terima setimpal dengan perbuatan darimu.”
20.    Al Mawaddah
Perkataan Ibnu Khotob:”ada 3 perkara yang kalau engkau akukan engkau akan mendapatkan cinta yang murni dari saudaramu: engkau mengucapkan salam ketika bertemu, melapangkannya dari majelis dan engkau memanggilnya dengan nama yang paling ia cintai.
21.    Berprasangka yang baik
Membawa ucapan teman kepada sebaik-baik prasangka. Berkata Said Ibnul Musayab:”sebagian saudaraku dari sahabat menuliskan kepadaku letakkanlah perkara saudaramu diatas sebaik-baik perkara.”

(bersambung insyaAllah)

Sumber: kitab Adabul Isyroh wa Dzikrushshuhabah wa Ukhuwah karya Syaikh Ibnul Barkaat, Penerjemah: Ummu Umar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: