Adab Adab Pergaulan, Penyebutan Persahabatan dan Persaudaraan (Bagian 2)

Diantara adab-adab pergaulan adalah

22.    Mengetahui nama-nama saudara dan nasab mereka
Mengetahui nama-nama saudara dan bapak-bapak mereka agar tidak mengurangi hak mereka.
23.    Menjauhi dengki
Diantara adap pergaulan adalah menjauhi dengki dan senantiasa berlapang dada dan memaafkan saudara. Berkata hilal Ibnu ‘ala,”Aku tetapkan jiwaku untuk tidak melakukan kejelekan dan kedurhakaan kepada seorangpun karena mencontoh bait-bait ini: “ Tatkala aku memaafkan dan tidak iri dengki kepada seorangpun maka aku selamatkan jiwaku dari mendungnya permusuhan, akupun mengucapkan salam kepada musuhku ketika bertemu untuk menolak kejelekan dariku dengan salam itu dan aku tampakkan keceriaan kepada orang yang aku benci seakan-akan diriku dipenuhi dengan kegembiraan..”” dan Ahmad Ibnu Ubaid bersyair: “Barang siapa yang tidak menutup matanya dari kesalahan teman maka ia akan mati dalam keadaan banyak mencela dan barangsiapa yang bersungguh2  mencari kesalahan orang maka ia akan temukan dan tidak ada seorangpun yang selamat darinya.”


24.    Menjaga persahabatan
Diantara adab pergaulan adalah senantiasa menjaga persahabatan dan tidak bosan. Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda:”Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus-menerus dilakukan walaupun sedikit. “ Berkata Ibnu Wasiq: tidak ada teman bagi orang yang cepat bsan dan tidak ada kecukupan bagi orang yang hasad.
25.    Mempersedikit mencela
Diantara adap pergaulan adalah manutup mata dari sebagian kejelekan tean dan penyair bersyair: aku bersabar pada sebagian gangguan  karena khawatirakan mendapat ganguan yang lebih banayk, aku jaga jiwaku dengan menahan diri maka jiwakupun menjadi mulia, terkadang kemuliaan akan mendatangkan kerendahan bagi jiwa dan bisa jadi dengan merendahkan diri jiwa menjadi mulai. Aku teguhkan pada jiwaku perkara yang ia benci sampai dia minum sedikit demi sedikit, seandainya aku tidak berbuat demikian niscaya jiwaku tidak akan terbiasa dengan perkara yang dibenci dan Tsa’lab bersyair aku menutup mata dari temanku karena pura-pura seakan-akan aku tidak tahu terhadap apa yang dilakuakn padahal bukannya aku tidak tahu hanya saja tabiatku telah terbiasa menanggung perkara-perkara nyang tidak disukai temannya, dan sebagian mereka bersyair: apabila engkau selalu mencela saudaramu dalam setiap perkara engkau tidak akan mendapati orang yang selamat dari celaanmu maka hiduplah sendiri atau berhubunganlah dengan temanmu tapi ketahuilah bahwa terkadang dia berbuat salah dan terkadang dia benar dan apabila sekali waktu engkau tidak minum air yang kotor engkau akan haus maka manusia mana yang bersih minumannya.
26.     Tidak merendahkan
Diantara dab pergaulan adalah tidak merendahkan seorangpun dan mengetahui kedudukan setiap orang agar kita bisa memuliakannya. Berkata Ibnul Mubarok: barang siap yang merendahkan ulama dia akan kehilangan akheratnya dan barang siapa yang merendahkan pemerintah dia akan kehilangan dunianya dan barang siap yang merendahkan saudara dia akan kehilangan wibawanya.
27.    Senantiasa menyertai teman
Diantara adap pergaulan adalah tidakmemutus persahabatan yang telah dijalin dan tidak menolaknya setelah engkau terima syair dari Syaikh: janganlah engkau memuji seseorang sampai engkau mengujinya dan jangan engkau mencela seseorang sampai engkau coba da karena pujianmu terhdap orang yang belum engkau uji merupakan perbuatan melampaui batas. Dan celaanmu terhadap seseorang yang tadinya engkau npuji adalah kedustaan. Berkata Hamduh Al Qoshor: Terimalah saudara kalian dengan keimanan dan tolaklah mereka karena kekufuran karena Allah menampakkan perkara diantara 2 hal ini dalam kehendakNya. Allah berfirman : Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, Maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.
(QS. AnNisa’: 48)

28.    Pentingnya persahabatan
Diantara adab pergaulan adalah tidak memutuskan persaudaraan setelah terjalin, karena saudar itu sulit didapatkan. Dan ada seorang alim menulis surat kepada temannya: tuliskanlah sesuatu kepadaku yang bermanfaat bagi hidupku, maka tgemannya membalas: bismillahirrohmanirrohiim, orang yang tidak punya teman akan mereasa kesepian dan orang yang lalai akan mengurang-ngurangi dalam mencarinya. Namun kelalaian yang paling besar adalah orang yang mendapatkan 1 teman kemudian menyianyiakannya, sungguh mendapatkan batu permata yang berwarna merah itu lebih mudah daripada mendapatkan seorang teman. Dan aku telah mencarinya selama 50 tahun tapi aku tidak mendapatkannya kecuali hanya sedikit.
Manusia itu ada 3 macam:
1.    Kenalan\
2.    Teman
3.    Saudara
Kenalan  diantara manusia banyak sementara teman jarang didapatkan dan saudara lebih susah lagi didapatkan.
29.    Tawadhu dan menghindari sombong
Diantara adap pergaulan adalah tawadhu terhadap saudara dan teman dan tidak sombong terhadap mereka. Rasulullah bersabda,sesunguhnya Allah Azza wa Jalla mewahyukan kepadaku agar bersikap tawadhu sampai tidak ada seorangpun menyombongkan diri kepada yang lain. Dan Al Mubarid berkata: nikmat yang pemiliknya tidak di hasadi adalah tawadhu, sementara musibah yang seseorang tidak dirahmati adalah ujub (bangga diri).
30.    Kata-kata yang mencakup pergaulan
Diantara kata-kata yang mencakup sisi-sisi pergaulan adalah perkataan Ibnul Hasan Al Wara’: Abu Utsman bertanya kepadanya tentang persahabatan maka ibnul Hasan menjawab pertemanan dengan Allah itu dengan beradab kepadaNya dan terhadap Rasul, maka dengan senantiasa menuntut ilmu dan mengikuti sunnah,  terhadap wali-wali (orang yang bertaqwa kepada Allah) dengan menghormati dan memberikan pelayanan, terhadap teman dan saudara dengan wajah berseri-seri selalu ceria. Tiidak menampakkan pengingkarn kepadanya selama dalam perkara yang tidak melanggar syariat/melanggar kehormatan. Allah berfirman yang artinya: jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.(QS. Al.A’raaf:199).. Sementara berteman dengan orang yang bodoh yaitu memandang mereka dengan kasih sayang dan menampakkan kenikmatan dari Allah kepadamu karena Allah tidak jadikan engkau seperti merek dan berdoa kepada Allah agar menyelamatkan dari kebodohan.
31.     Menjaga kecintaan dan persaudaraan
Diantara adab pergaulan adalah menjaga hubungan yang terdahulu yang suda lama terjalin berdasarkan sabda Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salam, dan pernah seorang wanita masuk menemui Rssulullah, Beliaupun menemuinya, maka ditanyakan hal itu kepada Beliau, Beliaupun menjawab sesungguhnya wanita itu sering mendatangi kami ketika Khadijah masih hidup. Dan menjaga hubungan yang telah terjalin termasuk iman. Berkata Muhammad al Ghozili, “barangsiapa yang seseorang mendapatkan cinta yang kekal hendaknya ia menjaga kecintaan teman laanya.” Dan sebagian orang bersyair, “tidaklah jiwa itu menginginkan sesuatu yang lebih lezat daripada kecintaan teman yang amanah. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kecintaan teman yang sholih maka dia adalah orang yang dungu seyakin-yakinnya. “ dan sebagian ahli hikmah dari kalangan salaf berkata, bergaulah dengan manusia, kalau engkau terus hidup maka mereka akan mencintai kalian  dan ketika engkau mati akan menangisi.
32.     Persahabatan yang selamat
Diantara adab pergaulan adalah perataan Abu Utsman Alhiri keika ditanya tentang persahabatan yang selamat, dia menjawab: seseorang melapangkan bagi saudaranya untuk menggunakan hartanya tapi dia tidak punya keinginan untuk mengunakan harta temannya, dia berbuat adil namun tidak menuntut keadilan, dia menganggap besar kebaikan dari temannya dan dia menganggap kecil pemberian darinya.
33.    Mengutamakan orang lain dan memuliakannya
Diantara adap pergaulan adalah mengutamakan saudara dan memuliakannya daripada diri sendiri. Berkata Abu Utsman,”barangsiapa yang bergaul dengan manusia tapi tidak memuliakan mereka malah sombong terhadap mereka, maka yang demikian itu karena kurangnya akal orang tersebut. Karena sesunguhnya dia memusuhi temannya dan memuliakan musuhnya karena saudaranya di jalan Allah adalah teman-temannya dan jiwanya adalah musuhnya.” Berkata Al Qosim Ibnu Muhammad, Allah telah menjadikan teman yang baik sebagai ganti dari kerabat yang pergi.
34.    Hak-hak orang yang miskin
Diantara adab pergaulan adalah mengetahui hak orang miskin dan berusaha menunaikan kebutuhannya. Berkata Ibnu Abi Aufa,’Rasulullah bukanlah orang yang kaku dan sombong untuk berjalan bersama para janda dan orang miskin dan memenuhi kebutuhan mereka.
35.    Pergaulan yang baik
Diantara adab pergaulan senantiasa beradab terhadap saudara dan memberikan pergaulan yang baik terhadap mereka. Al Junaid berkata,ketiak ditanya tentang adab , Beliau menjawab adab adalah pergaulan yang baik.
Dan perbedaan antara pergaulan dan orang yang bodoh adalah perkataan Yahya Ibnu Muadz Arriziy yaitu sesunggguhnya para ulama beribadah kepada Allah sampai hati-hati  mereka, manusia mengibadahiNya dengan jasmani meeka,  sementara orang-orang yang bodoh mengibadahinya dengan lisan-lisan mereka sehinga mereka beribadah kepada Allah dengan hati, jasmani dan lisan mereka.
36.    Menjaga rahasia
37.    Diantara adab pergaulan adalah menjaga rahasia saudara. Nabi bersabda, mintalah bantuan untuk kebutuhan kalian dengan menjaga rahasia karena setiap orang yang diberi nikmat ada yang menghasati terhadapnya.”  Dan sebagian ahli hkmah berkata: hati orang yang merdeka adalah tempat menyimpan rahasia dan dikatakan, ada seseorang menyampaikan rahasia kepada temannya tatkala selesai ia berkata, apakah engkau akan menjaganya?, temannya menjawab, tidak, bahkan aku telah melupakannya. Dan sebagian orang bersyair: bukanlah seseorang yang dermawan, orang yang apabila temannya tergelincir dalam kesalahan dia menyebarkan rahasianya,, akan tetapi orang yang dermawan adalah orang yang teteap kecintaannya dan menjaga rahasia temannya sama saja ketika dia berteman atau dia memutuskan pertemanannya.

Sumber: Kitab Adabul Isyroh wa Dzikrushshohabah wa ukhuwah karya Syaikh Ibnul Barkaat, Penerjamah: Ummu Umar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: